Sabtu, 11 Juli 2015

Soda Gembira Sik Luh!

Soda Gembira Sik Luh, Sebet Gati Hidup Beli Luh”, Kutipan dari lirik lagu Widi Widiana sebagai salah satu jempolan penyanyi Bali ini mengingatkan kita akan menu minuman. Sebuah lirik yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti “Soda Gembira satu Luh (sebutan pelayan perempuan dalam sebuah tempat makan), sedih sekali hidup saya (kata ganti laki-laki) luh”,mengungkapkan bahwa minuman Soda Gembira dapat meringankan seseorang yang lagi sedih atau tepatnya lagi galau. Kenapa harus Soda Gembira? Mungkin pertanyaan itu sontak keluar di benak kita. Dilihat dari namanya, bahwa Soda Gembira merupakan minuman Soda yang dapat membuat sobat kuliner menjadi riang, senang dan bahagia. Apabila dilihat dari warnanya juga sangat memikat sobat kuliner, dan apabila diminum disaat itu juga perasaan dahaga,murung dan galau terobati.
Soda Gembira adalah salah satu minuman khas Indonesia sejenis krim soda yang dibuat dengan cara mencampurkan minuman soda dengan pemanis (susu kental manis, sirup, atau kombinasi lainnya). Bahan yang dijadikan bahan biasanya berasa manis. Soda Gembira dapat dijumpai di berbagai restoran, depot, warung makan, dan tempat-tempat makan lainnya di Indonesia dengan variasi yang berbeda.
Adapun bahan atau isi dari minuman tersebut bervariasi berdasarkan kreativitas orang atau tempat makan dalam membuatnya. Bahan-bahan yang sering dipakai adalah es batu, air soda, susu kental manis dan sirup. Untuk cara membuatnyapun tergolong mudah, hanya dibutuhkan beberapa alat diantaranya : Gelas berukuran besar (bisa plastik atau kaca), Sendok, Pengaduk atau stirrer, Pisau dan pembuka botol. Setelah itu, tuangkan susu kedalam gelas hingga seperempat gelas (ini bisa sesuai selera), kemudian tungkan 2-3 sendok sirup setelah itu es batu di masukkan dalam gelas dan tuangkan soda (menuangnya perlahan-lahan agar tidak tumpah) kedalam gelas aduk-aduk agar homogen, gunakan sedotan yang diameternya cuku besar agar lebih nikmat minumnya.
Beberapa restoran atau tempat makan, mungkin mempunyai cara-cara yang unik dalam pembuatannya. Sebagai contoh terdapat sebuah restoran atau tempat makan yang menjual soda gembira dengan memakai bahan fanta,coca-cola, dan sprite menjadi pengganti soda biasa. Contoh lain ada yang tidak memakai sirup dan menggantinya dengan perasa buah-buahan atau bahkan buah asli.
Selain cara pembuatannya mudah, soda gembira banyak diminati oleh anak muda. Oleh karena itu, banyak yang menjual minuman ini. Mulai dari warung, sampai restoran. Sampai hari ini pun, soda gembira masih banyak peminatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar